Martabak Manis Si Makanan Penutup Indonesia

DESSERT INFORMATION

Makanan penutup khas Indonesia ini pastinya sudah banyak yang tahu, Martabak Manis!

Si manis yang bervariatif ini sangat dikenal bahkan sempat ada terjadi perebutan “hak milik” antara Malaysia dan Indonesia. Martabak manis memiliki nama asli yaitu Hok Lo Pan yang berasal dari Bangka Belitung. Martabak ini diciptakan oleh orang Hakka (Khek) dengan sebutan suku Hoklo. Maka dari itu nama awalnya di Bangka Belitung adalah Hok Lo Pan. Begitu dibawa ke Jakarta, orang-orang Jakarta mengenalnya dengan sebutan Martabak Bangka, karena khas dari Bangka.

Martabak Manis merupakan makanan penutup Indonesia yang sangat bervariatif,

baik dari segi pemilihan rasanya dan ketebalannya. Martabak manis klasik yang sering dijumpai adalah dengan varian rasa coklat kacang wijen dan keju susu. Bentuk klasiknya adalah tebal, bertekstur seperti bika ambon, tetapi terdapat isian di tengahnya. Namun dengan berkembangnya rasa zaman sekarang, sudah banyak varian rasanya yang baru. Sekarang kita bisa mencoba varian rasa martabak matcha, martabak red velvet, martabak Nutella, dan sebagainya. Saat ini varian toping martabak memiliki banyak variatif dan banyak yang menjualnya dalam bentuk yang mini ataupun tipis. Berbeda bentuk, beda juga sensasi pengalaman memakannya.

Khas Indonesia

Walaupun banyak yang mengklaim makanan ini sebagai khas negara lain, martabak manis sudah menjadi trade mark Indonesia. Jika berkunjung ke Indonesia, wajib mencobanya. Karena secara rasa pun juga berbeda dengan negara lainnya. Belum lagi jika melihat proses pembuatannya! Serunya melihat adonan yang dimasak, lalu diberikan mentega dan gula. Mungkin akan mengejutkan betapa banyaknya mentega dan gula yang dipakai, tetapi begitu mencicipinya, wah enak sekali deh! Ini beberapa rekomendasi tempat membeli martabak di Jakarta. Wajib dicoba deh!

Martabak Manis cocok dijadikan sebagai snack sore keluarga dan disuguhkan dengan teh! Ini merupakan salah satu snack yang cocok dimakan bersama keluarga karena porsi klasiknya yang banyak. Selain jadi snack, martabak sekarang ini bisa dibawa menjadi oleh-oleh khas! Martabak dikenal juga sebagai pancake Indonesia yang tebal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

en_US
Open chat
Need help?
Hello👋
Can we help you?