Kue Cucur : Si Kecil Manis

DESSERT INFORMATION

Kecil menggemaskan dan manis,

kue cucur sudah menjadi salah satu jajanan yang wajib buat kita semua coba! Warna khas kecokelatannya dengan tekstur yang lembut di tengah namun renyah dipinggirannya menjadi salah satu kue jajanan yang sampai sekarang saya suka. Rasanya juga tidak terlalu manis dan teksturnya sangat pas antara renyah dan lembutnya menjadi salah satu kue jajanan Indonesia favorit saya. Yuk kenal lebih lanjut lagi sama Kue Cucur ini!

Asal Usulnya

Dipercaya berasal dari Betawi/Jakarta. Sayangnya tidak ada catatan sejarah atau bukti literatur mengenai kebenarannya. Kue Cucur dapat ditemukan di berbagai wilayah juga selain Jakarta, seperti Madura, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi. Bahkan kue ini dapat ditemukan juga di negara lain, seperti Malaysia, Thailand, Srilanka, India, dan Brunei Darussalam. Tentu saja setiap daerah memiliki nama panggilan yang berbeda untuknya. Apa yang menjadikan kue ini menarik adalah bagaimana prosesnya digoreng bukan dipanggang! Menurut saya makanan manis yang digoreng itu unik. Karena digoreng dengan minyak panas, pinggirannya menjadi renyah tetapi lembut di bagian tengahnya.

Perlambangan Kue Cucur

“Kue Cucur dijadikan lambang cinta kasih di Thailand dan sebagai makanan kecil perayaan”

Kue Cucur menjadi makanan kecil yang seringkali menemani acara-acara perayaan adat dalam Indonesia. Ada yang memakainya saat upacara pernikahan, selamatan, sebagai bagian dari ritual, bahkan bisa menjadi alat barter. Sebutannya didapatkan karena dalam pembuatannya, adonannya dituang/dicucur ke dalam minyak goreng dalam jumlah yang lumayan banyak. Uniknya di Thailand, kue ini dijadikan lambang cinta. Karena masyarakat Thailand percaya bentuknya ini mirip dengan bunga lotus, yang dapat tumbuh dalam kondisi yang sulit. Bunga lotus dianggap sebagai perlambangan cinta dari pasangan yang baru saja menikah dan diharapkan semakin bertambah sukses dalam kehidupan pernikahannya. Seperti bunga lotus yang tumbuh menjadi bunga yang indah walaupun tumbuh dalam keadaan lingkungan yang sulit. Diharapkan untuk pengantin yang baru, cinta-nya akan bertumbuh terus walaupun dalam keadaan yang sulit dan seringkali tidak mendukung.

Kue Cucur mempunyai banyak sekali nilai, mulai dari perlambangannya mengenai cinta sampai dijadikan makanan kecil yang menemani perayaan-perayaan besar, dengan orang terdekat dan keluarga, atau bahkan hanya untuk kudapan selingan! Cocok dinikmati dengan segala situasi, baik sedang sendiri ataupun dengan orang lain. Masih dalam suasana Ulang Tahun Indonesia ke-75 yang jatuh pada 17 Agustus 2020 kemarin, mendengarkan lagu Indonesia, atau menonton film kemerdekaan dan ditemani dengan Kue Cucur sebagai snack akan menyenangkan.

Selamat Ulang Tahun Indonesia yang ke-75!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

en_US
Open chat
Need help?
Hello👋
Can we help you?